Selamat datang di Blog Saya, Semoga bermanfaat

Sabtu, 09 November 2013

chasis otomotif



LAPORAN PRAKTIKUM
CHASIS OTOMOTIF II

JOB 1   : SISTEM SUSPENSI ( SUSPENSI MCPHERSON)
A.     Uraian Materi
Suspensi ini pegas koil dipasangkan menjadi satu kesatuan dengan shock absorber menggunakan lengan bawah ( lower arm ) sebagai dudukan komponennya.
KB 8
1.      Naf suspensi
2.      Dudukan pegas
3.      Karet Bemper
4.      Karet Pelindung
5.      Pegas Koil
6.      Peredam getaran
7.      Nakel Kemudi
8.      Pipa rem
9.      Kaliper rem

B.      Over Houl
a)      Tujuan Pembongkaran
1.      Membongkar, memeriksa, memperbaiki dan memasang kembali suspensi Mc. Pherson.
2.      Mengetahui komponem suspensi MC pherson.
b)      Alat dan Bahan
-          Alat
·           Kunci pas ring( satu zet)
·           Kunci sok(satu zet )
-          Bahan
·           Suspensi
c)      Keselamatan kerja
1.      Ikuti persyaratan praktek yang telah ditetapkan dilaboratorium.
2.      Ikuti prosedur kerja yang telah diteapkan oleh instruktur/dosen.
3.      Jangan membuka mur penahan batang torak, sebelum pegas koil dipres dengan alat khusus.
d)      Langkah Kerja
1.      Langkah Pembongkaran
·         Lepas ball joint tie – rod dari lengan nakel kemudi
·         Lepas pin pengunci dan mur poros penggerak
·         Lepas mur pengikat ball joint lengan bawah
·         Beri tanda pemasangan pada pemegang nakel kemudi dengan eksenter penyetel camber
KB 8
·         Lepas kedua baut pengikat nakel kemudi
·         Lepas nakel kemudi dari poros penggerak, (ikat dengan kawat poros penggerak pada bodi).
·         Lepas ketiga mur pengikat peredam getaran pada bodi
·         Lepas unit peredam getaran
·         Tekan pegas koil dengan alat pengetes sampai karet penahan bebas
·         Lepas mur pengikat naf suspensi dari poros peredam getaran.
·         Lepas naf suspensi, dudukan pegas, karet penahan dan bemper.
·         Perhatikan posisi dan susunannya komponen tersebut.
·         Lepas pegas koil
Foto0150.jpg
Komponen-komponen system suspensi :
Foto0155.jpg
2.      Langkah Pemeriksaan
Ø Periksa peredam getaran
·      Bila peredam getaran bocor atua rusak, jangan memperbaiki dengan mengisi cairan lagi
·      Ganti peredam getaran yang bocor dengan satu unit peredam getaran baru.
·      Peredam getaran berisi gas

KB 8
Ciri peredam getaran berisi gas
Batang torak selalu terentang
Gaya tekan sangat kuat dibanding dengan peredam getaran berisi cairan. Habis ditekan batang torak akan kembali terentang perlahan – lahan. Pada tabung pengantar tidak terdapat baut penahan batang torak. Bila bocor / rusak harus diganti dalam satu unit.
Ø   Cara memeriksa
·          Saat batang torak ditekan tahanannya sangat berat danbila dilepas batang torak secara perlahan – lahan kembali terentang sampai batas maksimum, berarti baik
·          Saat batang torak ditekan tahanannya ringan dan bila dilepas tidak kembali, berarti ada kebocoran gas dan harus diganti.

KB 8
Jika peredam getaran diganti atau dibuang buatlah lubang diameter 2 – 3 mm diatas pemegang nakel kemudi dengan jarak 10 mm.
Hati – hati saat membuat lubang pada tabung penghantar, karena serpihan logam dapat terbang oleh tekanan gas didalamnya.
Ø Cara memperbaiki peredam getaran berisi cairan
KB 8
Lepas baut penahan poros dengan kunci pas khusus.
Lepas sil, poros dan keluarkan cairan dari dalam tabung penghantar.
(Bersihkan bagian dalam tabung!)
Masukkan unit peredam getaran baru ke dalam tabung penghantar.
Pasang dan kncangkan baut penahan dengan kunci pas khusus.

·      Periksa keretakan di sekitar lubang baut pemegang nakel kemudi
KB 8
Bila pemegang nakel retak, jangan di las. Tetapi ganti pemegang nakel bersama – sama tabung penghantar
3.      langkah pemasangan
·          Langkah pemasangan adalah kebalikan pembongkaran. Komponen – komponen yang diperhatikan.
·          Komponen – komponen yang dipasang harus bersih.
·          Komponen kanan dan kiri jangan sampai tertukar.
·          Pasang pegas koil yang di press dengan menggunakan tenaga pada tabung pengantar dan perhatikan ujung pegas koil harus berpasangan dengan alur pada dudukan bawah.
·          Pasang dudukan pegas koil

Foto0164.jpg

JOB 2   : SISTEM REM (TROMOL)
A.     Uraian Materi
Rem tromol (drum) menggunakan sepasang sepatu yang menahan bagian dalam dari tromol yang berputar bersama-sama dengan roda, untuk menghentikan kendaraan. Rem tromol tahan lama karena adanya tempat gesekan yang lebar diantara sepatu dan tromol, tetapi penyebaran panas agak lebih sulit dibandingkan dengan rem piringan karena mekanismenya yang agak tertutup.
B.      Over Houl
a.         Pembongkaran,Pemeriksaan dan pemasangan Rem Tromol
Ø  Tujuan
1.        Mengenal komponem Rem tromol
2.        Membersihkan  rem tromol
3.        Menyetel rem tromol
4.        Memeriksa kondisi dan fungsi rem tromol
Ø  Alat dan bahan
1.        Alat
·            Kunci pas ring ( 1 set )
·            Obeng minus
·            Tang


2.        Bahan
·            Rem tromol
·            Alat ukur (jangka sorong)
·            Lap
Ø  Langkah kerja
1)      Langkah pembongkaran
·           Buka rem tromol
·           Lepas pegas penahan sepatu
·           Lepas pegas pengembali
·           Lepaskan sepatu rem
Foto0158.jpg
( rem tromol)
2)      Langkah pemeriksaan
·         Periksa pelapis sepatu rem
Ø  Ukur tebal pelapis rem, Jika tebal pelapis rem kurang dari minimum atau mendekati minimum, ganti sepatu rem pada kedua roda.
Ø  22Ukur diameter dalam tromol rem. Jika diameter lebih besar dari spesifikasi, tromol harus diganti.
Ø  Jika permukaan tromol yang bersinggungan dengan pelapis sepatu rem tergores dalam, tromol harus diganti.
·         Periksa komponem-komponem yang di bongkar
·         Periksa tebal kanvas
Tebal kanvas tengah : 6,6 mm
Tebal kanvas bawah : 7,2 mm
Tebal kanvas atas : 5,5 mm
·         Periksa permukaan kanvas
·         Periksa kebocoran pada silinder rem
·         Periksa persinggungan pelapis sepatu dan tromol rem

                    

3)      Langkah pemasangan
·         Pasang sepatu rem
·         Hubungkan penahan sepatu (salah satu alat rakitan otomatis) dengan tuas penyetel dan sepatu rem belakang.
·         Pasang pegas penahan sepatu dengan cara Kaitkan pegas pembalik sepatu depan dan belakang menggunakan SST, alat khusus untuk membalik sepatu rem.
·         Pasang tromol rem


Foto0163.jpg

JOB 3   : SISTEM KEMUDI (RAK DAN PINION)
A.     Uraian Materi
1.Steering wheel
2.Steering coulomn
3.Universal joint
4.Housing steering rack
5.Booth steer
6.Tie rod
 
Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan  cara membelokkan roda depan.
rack pinion

a.  Pembongkaran dan pemasangan kemudi jenis rack and pinion
Ø   Tujaun pembelajaran
        Membongkar, memeriksa, memperbaiki, memasang, dan menyetel kembali komponem kemudi jenis rack and pinion.

Ø   Alat dan bahan
1.    Alat
·      Kunci sok (1 set)
·      Kunci pas ring (1 set)
·      Palu
·      Tang
2.  Bahan
·         Stand kemudi jenis rack and pinio
·         Lap
Ø   Keselamatan kerja
1.  Jangan memanaskan batang rak, bila sambungan rak macet, hal ini untuk menghindari perubahan besi batang torak.
2.  Bila unit kemudi rak and pinion sudah terlepas, jangan membelokkan roda depan dengan sudut besar. Peluru CV joint bisa terlepas bila membelokkan roda berlebihan.
Ø   Langkah kerja
1.    Langkah pembongkaran
·      Lepas ball joint tierod dari lengan knekel kemudi
·      Beri tanda pasangan antara poros pinion dengan sambungan salib kemudi.
·      Lepas dua baut pengikat poros pada sambungan salib dan lepas salib kemudi.
·      Lepas klem atau baut penyangga rumah rak pada bodi.
·      Lepas unit rumah gigi kemudi.
·      Beri tanda dan ukur ujung ulir yang menonjol dari sambungan rak.
·      Lepas tierod.
·      Lepas klip, klem dan karet penutup.
·      Buka cincin sambungan rak
·      Lepas mur pengunci dan baut penyetel pengatur rak.
·      Keluarkan pegas pengatur dan baut penyetel rak.
·      Keluarkan pegas pengatur,cincin dan pengantar rak.
·      Keluarkan sil bila perlu.
·      Tarik pinion bersama bantalan atas.
·      Tarik keluar rak pada posisi lurus.
·      Lepas bantalan atas pinion dengan treker.
·      Lepas bantalan bawah pinion.

Foto0144.jpg
2.      Langkah pemeriksaan
·      Susun dan bersihkan komponem-komponem yang di bongkar.
·      Periksa kondisi rak
·      Periksa kondisi gigi pinion, bila aus atau patah ganti.
·      Periksa karet penutup, bila rusak ganti.
·      Periksa sil perapat.
·      Periksa sambungan kemudi ball joint sambungan rak dan tierod, bila aus ganti.
·      Periksa kondisi pengantar rak, bila rusak atau retak ganti.
·      Periksa ulir-ulir mur dan baut
·      Periksa klem dan klip, bila rusak ganti.
·      Periksa cincin pengunci sambungan rak, bila rusak atau retak ganti.
Foto0140.jpg
3.        Langkah pemasangan
·      Langkah pemasangan adalah kebalikan dari pembongkaran, adapun komponem-komponem yang perlu di perhatikan saat pemasangan adalah :
1.      Beri vet secukupnya pada bantalan, rak,gigi rak dan pinion serta ball joint.
2.      Beri pelumas secukupnya ulir-ulir mur dan baut.
3.      Pemasangan rak terhadap pinion.
4.      Pemasangan cincin pengunci terhadap alur rak.
5.      Posisi pemsangan klem atau klip.
Foto0145.jpg


laporan.chasis.emmank.otomotif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar